Selamat Tahun Baru Hijria 1432 H
0

REPORTASE


Tugas Reportase







Yang akan saya reportasekan adalah
1.    Windows 7 64bit is better than windows 7 32bit…?
2.    Motherboard Gigabyte X58A-UD7

Benarkah windows 7 64 bit yang mampu mendektesi Ram lebih dari 4Gb lebih baik dari windows 7 32bit ?...
Belakangan ini hampir sebagian laptop dibekali dengan system operasi 64bit-kebanyak kan windows 7 home premium 64bit. Saat kami tanyakan mengenai penggunaan platform 64bit,alasan yang biasanya diberikan oleh para vendor laptop tersebut adalah versi 64bit lebih baik dan lebih kencang karena dapat mendektesi memory diatas 4 gigabyte. Di sini lain, kami pun memasuki belantara forum di internet dan mencari pendapat tentang polemic ini. Sebagian besar menjawab yang kami dapat kan dari forum-forum di internet adalah windows 32bit  jauh lebih baik dari pada yang versi 64 bit. Alasan mereka sebagian besar  bahkan diatas 80%  aplikasi yang ada saat ini belum dibuat khusus untuk planform 64bit jadi aplikasi yang dibuat untuk planform 32 bit ini justru akan berjalan lebih lambat pada planform 64bit.
Untuk menjawab pertanya tersebut,kami rasa lebih baik jika kami memcoba mengujinya sendiri. Kami memggunakan windows 7 ultimate (seri tertinggi dari windows7 ) versi 64bit dan windows 7 ultimate 32bit. Selain itu kami juga sengaja membenamkan RAM sebesar 8Gb baik itu di system 64 bit dan juga 32bit untuk mengetauhi benarkah windows 64 bit dapat memberikan performa yang lebih tinggi karena bisa mendekteksi memory lebih dari 4Gb. Inilah hasil yang kami dapatkan.
Pertama,kami mencobamembandingkan waktu yang dibutuhkan untuk restart system. Tentunya,anda lebih suka PC yang membutuhkan waktu booting yang lebih sedikitkan..? hasilnya, windows 7 ultimate 32bit dapat memberikan waktu booting yang lebih singakat  ketimbang yang versi 64bit. Pada system 32 bit kami bisa mendapatkan waktu booting sebesar 59 detik, sedangkat pada 64bit,kami mendapat kan waktu 77 detik.
Kedua, kami pun memcoba membandingkan kecepatan sebuah software yang berkerja pada kedua system dan,kali ini kami menggunakan Adobe photoshop CS3 untuk memberikan filter smart blur pada gambar berukuran massif sebesar 147.5Mb waktu yang dibutuhkan untuk  memberikan filter smart blur pada windows 7 ultimate 32bit adalah sebesar 45,43 detik sedangkan pada platform 64 bit, waktu yang dibutuh kan menjalankan tugas yang sama adalah 44,83 detik.terakhir yang paling penting ,kami membandingkan performa gaming pada kedua system dengan menggunakan fitur benckmark pada FarCRY 2. Hasil framate nya rata-rata yang kami dapat kan pada system 32 bit adalah  102.12fps. sedangkan pada system 64bit,kami mendapat fremarate 101.51.
Kesimpulan kami membedakan 64bit dengan 32bit ternyata tidak terlalu signifikan bahkan pada system high-end dengan Ram 8Gb.bahkan system 64bit  hanya sedikit lebih kencang pada aplikasi berat seperti Adobe photoshop karena memang sebagian besar aplikasi belum dibuat khusus untuk system 64bit.
Soo, jika temen-temen sudah memakai system 32 bit,menurut kami gak alasan untuk berpindah ke 64bit.
Dan temen-temen yang menggunakan 64bit tidak perlu mengganti dengan 32bit ..ok thanks…
It’s our opinion…







         

                       

2. Motherboard Gigabyte X58A-UD7
Mainboard dari gigabyte yang satu ini adalah salah satu mainboard X58 termahal yang tersedia di Indonesia. Oleh karena itu, kami pun mencoba menyandingkannya dengan produk premium – lebih tepatnya adalah intel Core i7 980X .selain alasan tadi kami pun ingin melihat berapa jauh kompatibilitas dari kedua produk premium ini. Ternyata mainboard ini kami hanya meng-update bios nya agar dapat disandingkan dengan procie 6 core pertama di dunia.proses update BIOS di gigabyte ini pun sangat mudah dan tidak meropatkan.
Untuk fitur-fiturnya mainboard premium ini menawarkan berbagai fitur mewahyang sangat berharga,khususnya bagi para overcloker,selain memberikan settingan BIOS yang komprehensif,mainboard ini dilengkapi dengan tombol clear CMOS yang terletak di bagian belakang mainboard(dekat dengan port PS2) tombol clear CMOS ini sangat berguna bagi overcloker karena jika anda gagal melakukan overcloking,anda tidak perlu mancari jumper clear CMOS.
Produk ini memang benar-benar sempurna bagi para overclocker karena di lengkapi dengan berbagai fitur yang sangat menyenangkan.
§  Yabes Elia












0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
riau, rohil, Indonesia
saya lagi menuju sebuah kesuksesan,dgn kuliah di uii,,,...
rahman. Diberdayakan oleh Blogger.
Sambil baca sambil dengerin aja! Ibu (Lelo Ledung) - HipHop Jawa