Selamat Tahun Baru Hijria 1432 H
0

PENGGUNAAN JARINGAN KOMPUTER

Penggunaan Jaringan Komputer
 
Aplikasi Bisnis

Banyak perusahaan memiliki sejumlah besar komputer. Sebagai contoh, perusahaan mungkin memiliki komputer yang terpisah untuk memonitor produksi, melacak persediaan, dan melakukan daftar gaji. Awalnya, masing-masing komputer ini mungkin telah bekerja di isolasi dari yang lain, tetapi pada beberapa titik, manajemen mungkin telah memutuskan untuk menghubungkan mereka untuk dapat mengekstrak dan mengkorelasikan informasi tentang seluruh perusahaan.
Dalam istilah sederhana, seseorang dapat membayangkan sistem informasi perusahaan sebagai terdiri dari satu atau lebih database dan beberapa jumlah karyawan yang membutuhkan untuk mengaksesnya dari jarak jauh. Dalam model ini, data yang disimpan pada komputer yang kuat bernama server. Sebaliknya, karyawan yang memiliki mesin sederhana di meja mereka, disebut klien. Para mesin klien dan server dihubungkan oleh jaringan, seperti yang diilustrasikan pada Gambar. 1-1.
Pengaturan ini secara keseluruhan disebut model client-server. Hal ini banyak digunakan dan membentuk dasar penggunaan jaringan banyak. Hal ini berlaku ketika klien dan server keduanya di gedung yang sama (misalnya, berasal dari perusahaan yang sama), tetapi juga ketika mereka jauh terpisah. Sebagai contoh, ketika seseorang di rumah mengakses halaman di World Wide Web, model yang sama digunakan, dengan Web server remote sebagai server dan komputer pribadi pengguna menjadi klien. Dalam kondisi yang paling, satu server dapat menangani sejumlah besar klien.
Jika kita melihat pada model client-server secara detail, kita melihat bahwa dua proses yang terlibat, satu di mesin klien dan satu di mesin server. Komunikasi mengambil bentuk proses klien mengirim pesan melalui jaringan ke server proses. Proses client kemudian menunggu pesan balasan. Ketika proses server mendapatkan permintaan tersebut, ia melakukan pekerjaan diminta atau mendongak data yang diminta dan mengirimkan kembali jawaban. Pesan ini ditunjukkan pada Gambar. 1-2.
 Home Aplikasi
Mengapa orang membeli komputer untuk digunakan di rumah? Awalnya, untuk pengolah kata dan permainan, tetapi dalam beberapa tahun terakhir bahwa gambar telah berubah secara radikal. Mungkin alasan terbesar sekarang adalah untuk akses Internet. Beberapa menggunakan lebih populer dari Internet untuk pengguna rumahan adalah sebagai berikut:
  • Akses ke informasi jarak jauh.
  • Komunikasi orang-ke-orang.
  • Interaktif hiburan.
  • Electronic commerce.
Tipe lain dari komunikasi orang-ke-orang sering disebut dengan nama komunikasi peer-to-peer, untuk membedakannya dari model client-server (Parameswaran et al, 2001.). Dalam bentuk ini, individu-individu yang membentuk kelompok longgar dapat berkomunikasi dengan orang lain dalam kelompok, seperti yang ditunjukkan pada Gambar. 1-3. Setiap orang pada prinsipnya dapat berkomunikasi dengan satu atau lebih orang lain, tidak ada pembagian tetap menjadi klien dan server.
Gambar 1-3. Dalam sistem peer-to-peer tidak ada klien dan server tetap.
Kategori lainnya adalah perdagangan elektronik dalam arti luas. Belanja online sudah populer dan memungkinkan pengguna untuk memeriksa katalog on-line dari ribuan perusahaan. Beberapa katalog ini segera akan memberikan kemampuan untuk mendapatkan video instan pada produk apapun dengan hanya mengklik nama produk. Setelah pelanggan membeli produk elektronik tetapi tidak tahu bagaimana menggunakannya, on-line dukungan teknis dapat dikonsultasikan.
Daerah lain di mana e-commerce sudah terjadi adalah akses ke lembaga keuangan. Banyak orang sudah membayar tagihan mereka, mengelola rekening bank mereka, dan menangani investasi mereka secara elektronik. Ini pasti akan tumbuh sebagai jaringan yanglebih aman.
 Mobile Pengguna
Komputer Mobile, seperti komputer notebook dan personal digital assistant (PDA), adalah salah satu segmen yang tumbuh paling cepat industri komputer. Banyak pemilik komputer ini memiliki mesin desktop kembali di kantor dan ingin terhubung ke home base mereka bahkan ketika jauh dari rumah atau perjalanan. Sejak memiliki koneksi kabel tidak mungkin di mobil dan pesawat terbang, ada banyak kepentingan dalam jaringan nirkabel. Pada bagian ini kita akan secara singkat melihat beberapa penggunaan jaringan nirkabel.
Jaringan nirkabel adalah nilai besar untuk armada truk, taksi, kendaraan pengiriman, dan repairpersons untuk menjaga kontak dengan rumah. Sebagai contoh, di banyak kota, sopir taksi adalah pengusaha independen, daripada menjadi karyawan sebuah perusahaan taksi. Di beberapa kota-kota, taksi memiliki tampilan pengemudi bisa melihat. Saat pelanggan memanggil, sebuah jenis operator sentral dalam poin pickup dan tujuan. Informasi ini ditampilkan pada menampilkan driver ‘dan bip terdengar. Sopir pertama yang menekan tombol pada layar mendapat panggilan.
Walaupun jaringan nirkabel dan mobile computing sering berhubungan, mereka tidak identik. Bahkan komputer notebook kadang-kadang kabel. Misalnya, jika seorang musafir colokan komputer notebook ke jack telepon di sebuah kamar hotel, ia memiliki mobilitas tanpa jaringan nirkabel.
Masalah Sosial
Masalahnya datang ketika newsgroup ditetapkan pada topik bahwa orang-orang benar-benar peduli, seperti politik, agama, atau jenis kelamin. Tampilan diposting ke grup tersebut mungkin sangat ofensif bagi beberapa orang. Lebih buruk lagi, mereka tidak mungkin secara politik benar. Selanjutnya, pesan tidak perlu terbatas pada teks. foto berwarna resolusi tinggi dan bahkan video klip pendek kini dapat dengan mudah ditularkan melalui jaringan komputer. Beberapa orang mengambil pandangan hidup, tetapi yang lain merasa bahwa posting materi tertentu (misalnya, serangan terhadap negara-negara tertentu atau agama, pornografi, dll) hanya tidak dapat diterima dan harus disensor. negara yang berbeda memiliki hukum yang berbeda dan bertentangan di daerah ini.
Orang-orang telah menggugat operator jaringan, mengklaim bahwa mereka bertanggung jawab atas isi dari apa yang mereka bawa, seperti surat kabar dan majalah. Respon yang tak terelakkan adalah bahwa jaringan adalah seperti perusahaan telepon atau kantor pos dan tidak bisa diharapkan kepada polisi apa yang dikatakan para penggunanya.
Seiring dengan baik datang yang buruk. Hidup tampaknya seperti itu. Internet memungkinkan untuk menemukan informasi dengan cepat, tapi banyak dari itu adalah kurang informasi, menyesatkan, atau benar-benar salah. Saran medis Anda dipetik dari Internet mungkin berasal dari pemenang Hadiah Nobel atau dari putus sekolah yang tinggi. Jaringan komputer juga telah memperkenalkan jenis baru perilaku antisosial dan kriminal. Elektronik junk mail (spam) telah menjadi bagian dari kehidupan karena orang telah mengumpulkan jutaan alamat e-mail dan menjualnya pada CD-ROM untuk calon market. Pesan e-mail yang berisi konten aktif (pada dasarnya program atau macro yang dijalankan pada mesin receiver) dapat berisi virus yang mendatangkan malapetaka.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
riau, rohil, Indonesia
saya lagi menuju sebuah kesuksesan,dgn kuliah di uii,,,...
rahman. Diberdayakan oleh Blogger.
Sambil baca sambil dengerin aja! Ibu (Lelo Ledung) - HipHop Jawa